Program cara menghitung Bank Syariah

Jelajahkepri.com _Pada saat ini banyak masyarakat yang sudah mengetahui atau bahkan menggunakan perbankan berbasis syariah, dimana perbankan syariah ini menerapkan prinsip yang berlandasan dari Al- Quran dan hadist, akad–akad di perbankan syariah melindungi kita dari transaksi merugikan, seperti transaksi objek yang tidak pasti keuntungan/ kerugiannya tidak terukur (Maysir), objek tidak jelas (Gharar), objek yang Haram, Riba, perbuatan suap Riswah) dan Bhatil. Perbankan syariah ini ada banyak akadnya, nah salah satu akad yang paling terkenal dikalangan masyarakat adalah akad Murabahah. Namun bagi sebagian orang akad ini masih terdengar asing. Sangat penting bagi nasabah untuk mengetahui akad murabahah agar para nasabah dapat melakukan transaksi di bank dengan benar dalam menggunakan akad ini.

Sebelum kita membahas cara menghitung penetapan harga jual murabahah, kita harus tau dulu apa itu akad murabahah itu?, apa saja rukun dan syarat murabahah?, Lalu bagaimana penetapan implementasi akad murabahah dalam perbankan syariah?

Pada Bank Syariah

Pengertian Murabahah
Pembiayaan murabahah merupakan bentuk pembiayaan berprinsip jual beli yang merupakan penjualan dengan keuntungan (margin) tertentu yang ditambahkan di atas biaya perolehan. Murabahah dalam Fikih Islam merupakan bentuk jual beli ketika penjual memberitahukan kepada pembeli biaya perolehan dan keuntungan yang diinginkannya (Usmani, 1999). Dalam pembiayaan ini, bank sebagai pemilik dana membelikan barang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh nasabah yang membutuhkan pembiayaan, kemudian menjualnya ke nasabah tersebut dengan penambahan keuntungan tetap. Sementara itu, nasabah akan mengembalikan utangnya di kemudian hari secara tunai maupun cicil.

Rukun dan Syarat Jual Beli menurut pasal 56 KHES (Komplikasi Hukum Ekonomi Syariah)
1. Pihak-pihak yang berakad: Bank dan Nasabah
2. Obyek akad: Wujud barang yang diperjualbelikan dan harga barang
3. Kesepakatan atau akad: serah (ijab), terima (Kabul)

Implementasi Akad Murabahah dalam Perbankan Syariah
Murabaḥah dalam praktik perbakan syariah, didasarkan pada dua elemen pokok yaitu harga beli serta biaya yang terkait, dan kesepakatan atas margin yang diperoleh. Ciri dasar akad murabaḥah dalam lembaga keuangan syariah adalah sebagai berikut:
1. Nasabah harus mengetahui tentang biaya-biaya terkait dengan harga asli barang; batas laba harus ditetapkan dalam bentuk persentase dari total harga ditambah biaya-biayanya.
2. Objek yang dijual adalah barang yang dibayar dengan uang.
3. Barang yang diperjualbelikan harus ada dan dimiliki oleh penjual, dan penjual harus mampu menyerahkan barang tersebut kepada pembeli.
4. Pembayaran ditangguhkan dalam hal ini, pembeli hanya membayar uang muka yang besar dan nominalnya ditentukan dan disepakati bersama antara nasabah dengan lembaga keuangan.

Untuk memperjelas aplikasi jual beli murabaḥah di lembaga keuangan syariah, berikut ditampilkan skema dan alurnya.

1. Nasabah mengajukan pembiayaan pembelian barang ke Bank dengan spesifikasi yang jelas. Bank menyampaikan margin, biaya  dan persyaratan pembiayaan ke nasabah. Kedua belah pihak setuju.
2. Bank membelikan barang ke supplier secara tunai.
3. 3a. Bank dan nasabah melakukan perjanjian akad murabahah dihadapan notaris.
3b. Serah terima barang.
3c. Supplier mengirim barang ke nasabah.
4. Nasabah mulai mencicil kewajibannya.

Cara Menetapkan Harga Jual Murabahah

Pada bank syariah umumnya telah menggunakan murabahah sebagai model pembiayaan yang utama. Di Indonesia pembiayaan murabahah mencapai 70-80% karena murabahah adalah suatu mekanisme investasi jangka pendek, akad murabahah juga sudah dapat memastikan bahwa bank dapat memperoleh keuntungan yang sebanding dengan keuntungan bank-bank berbasis konvensional, murabahah juga tidak memungkinkan bank syariah untuk mencampuri manajemen bisnis karena bank bukanlah mitra si nasabah sehingga hubungan mereka dalam murabahah adalah hubungan antara kreditur dan debitur. Dalam penetapan harga jual murah bahan dapat dilakukan dengan cara Rasulullah ketika berdagang. dalam menentukan harga penjualan Rasulullah secara transparan menjelaskan berapa harga belinya berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk setiap komoditas dan berapa keuntungan wajah yang diinginkan. cara yang dilakukan oleh Rasulullah ini yang dipakai sebagai metode bank syariah dalam menentukan harga jual produk murabahah. maka secara matematis harga jual barang oleh bank kepada calon nasabah pembiayaan muraba’ah Syariah dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:
Harga jual bank = harga beli bank + (waktu × cost recovery) + keuntungan

Contoh Soal:
Pak Budi berkeinginan membeli sebuah mobil untuk kepentingan usaha antar jemput, dana pak Budi sebesar Rp.30.000.000, sedangkan harga beli mobil sebesar Rp.150.000.000. untuk mengatasi kekurangan dana tersebut tuan Ali menghubungi bank syariah Rizky barokah Yogyakarta, untuk mendapatkan pemecahan masalah akibat kekurangan dana tersebut. Bank syariah menawarkan solusi dengan akad murabahah, bila bank syariah memperkirakan biaya operasi Rp.200.000.000 dalam 1 tahun perkiraan jumlah pembiayaan 5 miliar dan makeup yang ditentukan (hanya sekali) 10% dari pembiayaan Al murabahah, lama pembiayaan 2 tahun. Berapa Harga Jual Bank?

Jawaban

1. Hitung cost recovery nya terlebih dahulu, dengan rumus:
Cost recovery = (pembiayaan murabahah : estimasi total pembiayaan) × estimasi biaya operasi 1 tahun.
Cost recovery = ( 120.000.000 : 5.000.000.000) × 200.000.000 = 4.800.000

2. Hitung margin keuntungan dengan menggunakan rumus:
Margin keuntungan × pembiayaan
= 10% × 120.000.000 = 12.000.000

3. Lalu hitung harga jual bank dengan menggunakan rumus
Harga jual bank = pembiayaan + (waktu × cost recovery) + margin
= 120.000.000 + (2 × 4.800.000) + 12.000.000 = 141.600.000

Nama: Sarah Aryani
Prodi: Perbankan Syariah
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Berita sebelumyaDukung Pengembangan KEK, Kepala BP Batam Ajak Masyarakat Jaga Iklim Investasi
Berita berikutnya2024 Kuota Kursi DPR RI Bertambah hingga Atur Pemilu di IKN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.