Belitung,Jelajahkepri.com-Selama sebulan dilaksanakanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke- 106 yang digelar Kodim 0414/Belitung di Kecamatan Sijuk dan Membaling Kabupaten Belitung,sebanyak 65 prajurit TNI dan 10 anggota Polri menginap dirumah keluarga asuh.

Hal ini disampaikan Dansatgas TMMD Letkol Inf Indra Padang. S. Sos. M. I. Pol, Jum’at (11/10/2019). Seluruh anggota Satgas selama sebulan tinggal dirumah 25 kepala keluarga asuh di Desa Terong, Desa Air Seruk Kecamatan Sijuk Belitung.

“Mereka berbaur bersama keluarga asuh, makan bersama, ibadah bersama dan bahkan ada anggota Satgas yang mengajari mengaji dan belajar anak-anak, “ungkapnya.

Dalam kegiatan TMMD ini,suasana penuh keakraban terlihat tatkala bersama keluarga asuh.Anggota Satgas TMMD tidak sungkan untuk saling berdiskusi, melontarkan pendapat demi kebaikan, persahabatan sudah melekat antata mereka.

“Kekeluargaan itu juga terlihat saat masyarakat bersama anggota Satgas TMMD makan bersama dan kumpul-kumpul, “jelasnya. 

Masyarakat samgat senang bisa menampung anggota Satgas yang saat ini menjalankan program TMMD di desa mereka. Karena rata-rata rumah warga ukurannya tidak terlalu besar dan sangat sederhana.

“Kumpul bareng makan bersama masyarakat sebenarnya jati diri TNI, karena TNI memang berasal dari rakyat. Bersama masyarakat, akan terjalin hubungan kekeluargaan dengan masyarakat itu sendiri, “sebut Dansatgas.

Dansatgas berpesan kepada seluruh nggota Satgas untuk berbaur dengan masyarakat setiap hari dan pada setiap kegiatan. Karena inilah bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Selama melaksanakan kegiatan TMMD, anggota Satgas jangan sampai membuat malu, jaga nama baik TNI dimanapun berada dan tugas, TMMD adalah tugas mulia, “oesan Dansatgas.

Saat ini lanjutnya, anggota Satgas TMMD dibantu masyarakat sedang mengerjakan pembangunan jalan tembus antar des, pembuatan gorong gorong, pembuatan talud, rehab RTLH, pembuatan rumah tunggu TPU dan Gapura dan ada juga kegiatan non fisik.

“Seluruh hasil pekerjaan fisik memasuki dua pekan dilaksanakannya TMMD hasilnya sudah maksimal dan mulai dirasakan masyarakat setempat, “terangnya. (Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.