Pelalawan – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan, Asril mengklaim hingga kini suspect Covid 19 masih nihil di Pelalawan.

“Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, dari seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci, belum ada warga masyarakat atau pasien yang terjangkit Virus Corona (Covid 19) di Pelalawan,” ujarnya kepada wartawan by seluler, Kamis (12/3).

“Hingga saat ini masih zero. Tapi, tetap stand by mengantisipasi bila ada suspect Virus Corona. Seluruh tim medis yang ditugaskan terutama spesialis paru-paru dan pernafasan terus memantau pasien yang berobat di setiap poly dan puskesmas,” tegas Asril.

Tidak cuma mempersiapkan tim medis, Diskes Pelalawan fokus penanganan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) dan warga yang baru bepergian maupun pulang dari luar negeri.

“Kita lebih menitik beratkan pada warga yang pernah keluar negeri atau memiliki riwayat perjalanan ke negara lain maupun melakukan kontak langsung dengan Warga Negara Asing (WNA),” jelasnya.

Kadiskes yang baru saja menjabat definitif ini mengakaui, pihaknya belum punya alat Thermal Scanner atau pengukur suhu tubuh yang menggunakan infrared.

“Alat ini berguna untuk memastikan ada gejala. Meski tanpa alat ini bila ditemukan suspect Virus Corona langsung diisolasi dan kirim ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.”

RSUD Selasih sudah punya Ruang Isolasi berdaya guna untuk observasi bila ditemukan gejala Suspect Virus Corona. Ruangan dilengkapi dengan peralatan medis dan Alat Pelindung Diri (APD), tambahnya.(M. Panjaitan)

Berita sebelumyaPegawai BP Batam Gotong Royong Bersihkan Rusun Muka Kuning
Berita berikutnyaBP Batam Tunda Rationing Air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.