PELALAWAN – Limbah PKS PT Indosawit Air diduga cemari sungai pematang  Desa air hitam, kecamatan Ukui, kabupaten Pelalawan, Riau. Salah satu warga setempat memposting di   akun Facebook (AA) di group info kejadian pelalawan, banyak komentar tentang berubahnya air sungai tersebut berubah menjadi hitam pekat, bahkan ada yang mengatakan ikanpun pada mati.

Dalam komentar (PD) pun menyayangkan atas kejadian itu, karena berubahnya air menjadi hitam pekat warga setempat tidak bisa mandi dan mencuci.

Saleh (43) seorang Warga Ukui yang kesehariannya mencari ikan di sungai tersebut mengakui, berubahnya kondisi air beberapa hari terakhir yang mengakibatkan tidak adanya ikan yang di dapat.

“Kuat dugaan, berubahnya   air sungai pematang ini akibat masuknya luapan limbah pabrik kelapa sawit yang ada dihulu sungai milik PT Indosawit,” ujar Saleh.

Media ini mencoba menghubungi pihak Humas PT Infosawit manejer humas taufik melalui wapsat sekitar pukul 10.00 malam Kamis (4-2-2021) tidak mau menjawab dalam hal ini mengecewakan dan saya dengar isu-isu! Dari salah satu warga desa air hitam (40) .tidak mau disebut namanya, bahawa pihak perusahaan sudah di panggil, oleh DLH kabupaten Pelalawan namun belum ada penyelesaiannya tanpa ada sansi pada pihak perusahaan padahal ikan disungai ikan sudah pada mati,”

Sesuai hasil investigasi team media dilapangkan membenarkan, bahwa kolam limbah ada yang jebol bentengnya, sehingga air kolamnya mengalir merembes ke sungai pematang. Ungkap warga tersebut. (Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.