Bupati Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Karimun tahun 2023

Karimun,Jelajahkepri.com -Bupati Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Karimun tahun 2023 di Gedung Nilam Sari, Senin (27/02/2023).

Dalam musrenbang ini juga disejalankan dengan penandatanganan MoU antara Bupati dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang perlindungan bagi para nelayan di Kabupaten Karimun.
.
Dalam sambutannya, Bupati Karimun menyampaikan bahwa Musrenbang tahun ini dilaksanakan untuk menjabarkan visi dan misi dalam kegiatan dan sub kegiatan pada tahun 2024 mendatang.

Artinya Musrenbang ini merupakan kelanjutan dari kegiatan-kegiatan pada tahun 2023 seperti tentang prioritas pemerataan pembangunan infrastruktur di 14 kecamatan.

“Tahun depan pemerataan pembangunan infrastruktur masih menjadi fokus utama sebagai upaya kita untuk mewujudkan visi yaitu mewujudkan Karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berkeadilan yang
berlandaskan iman dan taqwa,” kata Bupati.

Bupati membeberkan sejumlah rencana pembangunan yang menjadi skala prioritas seperti pembangunan dan peningkatan jalan di Kecamatan Belat, Kecamatan Ungar dan Kecamatan Durai.

Kemudian, rencana merevitalisasi kawasan ‘kota tua’ di Kecamatan Meral dan Kecamatan Kundur untuk menyusul Kecamatan Karimun yang sudah lebih dulu segera dibangun pada tahun ini.

“Kita akan fokus bangun jalan di Kecamatan Belat, Ungar dan Durai. Kecamatan lainnya juga ada sebagian, lalu penataan kota tua di Meral dan Kundur seperti yang akan dibangun di Karimun,” terang Bupati.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan tentang pembangunan dua kantor camat baru yakni Selat Gelam dan Sugi Besar serta membangun enam kantor kelurahan.

Kemudian, Bupati memastikan program unggulan seperti pelatihan tenaga kerja dan pelatihan bagi UMKM bagi masyarakat akan kembali dilanjutkan.

“Pelatihan tenaga kerja dan UMKM akan terus berlanjut karena menjadi prioritas dan disambut antusias tinggi masyarakat, sudah ribuan orang kita latih skillnya dan sudah ada yang bekerja dj perusahan. Termasuk bagi UMKM sudah banyak dilatih dan diterbitkan izinnya,” kata Bupati.

Bupati mengaku bersyukur sejumlah pembangunan dan program berjalan dengan baik sejauh ini sehingga mampu mendorong meningkatnya pertumbuhan ekonomi Karimun pasca pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi Karimun yang semula minus saat pandemi kini naik jadi diatas 4,5 persen dan statistik ekonomi lainnya sangat baik. Kita akan terus berupaya meningkatkannya sejalan dengan pembangunan dan program yang kita jalankan untuk masyarakat,” jelas Bupati.

Terakhir, Bupati mengajak seluruh masyarakat Karimun untuk selalu bergandengan tangan dengan pemerintah daerah demi kemajuan Kabupaten Karimun.

Disampaikan Bupati pada dasarnya pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendirian tanpa adanya doa dan dukungan masyarakat.

Sehingga dirinya mengajak masyarakat untuk terus kompak, optimis membangun Kabupaten Karimun lebih baik lagi kedepannya agar semangat ‘Karimun Pulih, Ekonomi Bangkit’ bisa terwujud.

“Masa sulit saat pandemi sudah kita lewati dan sekarang semuanya berangsur pulih, masyarakat dan pemerintah daerah harus terus bersama agar ekonomi Karimun kembali bangkit dan apa yang kita harapkan berjalan dengan baik. Ini tugas kita bersama,” pungkasnya.(Advetorial/Rz)

Artikulli paraprakSetahun Taman Rusa, Dua Fasilitas Baru Diresmikan
Artikulli tjetërGubernur Ansar Dukung Penuh Pembentukan JMQH Provinsi Kepulauan Riau

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.