Menjaga Umat Dengan Melanjutkan Program Mubaligh Hinterland

Jelajahkepri.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melakukan safari Ramadhan di  Kabupaten Bintan. Tepatnya di Masjid Al Maruf Desa Kelong Kecamatan Bintan Pesisir, Rabu (29/3).

Setelah nyebrang sekitar 15 menit Gubernur Ansar dan rombongan tiba dan disambut dengan antusias oleh masyarakat Desa Kelong dengan alunan kompang dan pencak silat.

Gubernur Ansar hadir bersama Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Tim Percepatan Pembangunan, Para Asisten, Fungsional Ahli Utama, Para Kepala OPD Pemprov Kepri, Kepala OPD Kabupaten Bintan, Forkopimda Kabupaten Bintan. Hadir pula Camat Bintan Pesisir Julpri Ardani, Para Kades Kecamatan Bintan Pesisir, DKM Masjid Al Maruf, serta tokoh masyarakat Desa Kelong.

Pada kesempatan itu, Gubernur Ansar bersama Ketua TP-PKK Kepri dan Bupati Bintan menyerahkan bantuan hibah kepada 2 masjid dan 2 surau di Desa Kelong masing-masing sebesar Rp. 40 juta, yakni Masjid Al Maruf, Masjid Al Hidayah, Surau Assyakur, dan Surau Al Kautsar. Di tahun 2023 ini dengan anggaran Rp. 9,47 Miliar di Kabupaten Bintan akan ada 185 Penerima Rumah Ibadah dari total 940 Rumah Ibadah yang menerima bantuan di Provinsi Kepulauan Riau.

Selain itu, diserahkan pula bantuan kepada Imam Masjid, Guru Mengaji, Mubaligh, Penjaga Masjid, Pelaksana Fardhu Kifayah, Pengelola TPU, dan Bantuan baznas Provinsi Kepri.

Pada safari di desa dengan luas daratan lebih kurang 57 km persegi ini, Gubernur Ansar berkesempatan memberikan sambutan sekaligus tausiah sembari menunggu waktu berbuka puasa. Dilanjutkan dengan Sholat Maghrib, Isya dan Tarawih berjamaah.

Gubernur Ansar dalam tausiahnya mengajak hadirin untuk selalu bersemangat. Pemprov Kepri pun menurutnya telah berikhtiar dengan program Mubaligh Hinterland, yakni menempatkan 50 ustadz yang disebar ke pulau-pulau terpencil di Kepri.

“Dengan program itu, dapat membina masyarakat dan membangun semangat optimisme di tengah banyaknya penyakit psikologis, kemudian menjaga moderasi dan toleransi beragama. Program tersebut tahun ini kita lanjutkan,” ujar Gubernur Ansar.

Selain tausiah, Gubernur Ansar juga menyampaikan beberapa pekerjaan pembangunan yang digesa pemprov Kepri di Kabupaten Bintan, diantaranya penataan kawasan Pulau Kelong, hibah pembangunan jalan Pulau Mapur, Pulau Mantang, Pulau Numbing, Pulau Pangkil, dan Tambelan.

“Di tahun 2023 hampir semua pulau sudah dianggarkan. Dalam waktu dekat akan disampaikan. Termasuk jalan lingkar kelong. Mudah-mudahan semua bisa dijangkau” harap Gubernur Ansar.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kelong, Saimun mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Ansar yang menurutnya memberikan penyegaran hati di Bulan Suci Ramadhan.

“Selalu kita mendengar nama-nama pemimpin, ternyata hari ini hadir dihadapan kita. Mari kita doakan menjadi pemimpin yang amanah” ucapnya (ron)

Redaktur ( GB )

Berita sebelumyaPercepatan Pengembangan Bandara RHA Karimun Masuk Dalam RPerpres dan PSN
Berita berikutnyaSPAM Batam Bahas Peningkatan Suplai Air, Penindakan Illegal Connection dan Pengembangan IPA Jadi Atensi Serius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.