Tanjungpinang,Jelajahkepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan & Olahraga menyelanggarakan Pengukuhan 32 orang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Aula lantai 3 Kantor Walikota Tanjungpinang, Rabu, (15/8).
Penjabat Walikota Tanjungpinang Drs.Raja Ariza, MM selaku pembina upacara, menyampaikan dalam amanatnya bahwa dalam pengembangan generasi muda atau kaum pemuda melalui perekrutan pasukan pengibar bendera pusaka, dengan sendirinya harus diarahkan untuk meningkatkan kemampuan setiap pemuda Indonesia guna berperan sebagai transformator, sebagai penerus cita-cita proklamasi dan pelestari Pancasila dan UUD 1945. “Oleh karenanya perlu dipersiapkan kader-kaderĀ  bangsa yang utuh dan paripurna karena mereka adalah sumber insani bangsa yang amat potensial bagi pembangunan.” ujar Raja Ariza.
Selain itu, Ariza juga menyampaikan untuk mencapai cita-cita nasional diperlukan semangat perjuangan seperti yang telah dikorbankan oleh para pejuang bangsa. “Nilai perjuangan inilah yang harus diwariskan oleh satu generasi ke satu generasi berikutnya, terus menerus dan berkesinambungan.” kata Ariza.
Ariza menambahkan bahwa anggota paskibraka juga dituntut untuk bertanggung jawab dalam pembangunan nasional untuk menjaga pancasila sebagai ideologi negara, menjaga tetap tegak dan utuhnya NKRI, memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, melaksanakan konstitusi kenegaraan dan demokerasi, meningkatkan ketahanan budaya nasional dan daerah, serta harus meningkatkan daya saingĀ  dan kemandirian ekonomi bangsa. “Saya ucapkan terimakasih kepada kakak-kakak pembina dan selamat atas pengukuhan paskibraka Kota Tanjungpinang, mudah-mudahan segala jerih payah kita selama ini memperoleh hasil yang maksimal. Dan semoga di hari pengibaran dan penurunan bendera pada 17 Agustus mendatang, lancar dan sukses.” tutup Ariza.
Prosesi pengukuhan berlangsung khidmat, yaitu saat prosesi mencium bendera merah putih dilakukan oleh masing-masing pasukan pengibar bendera yang dikukuhkan dalam suasana hening dan lampu yang temaram. Sebelum prosesi ini dilakukan, diawali dengan pembacaan naskah pengantar pengukuhan oleh Kepala Dinas Kepemudaan & Olahrga Djasman, S.Sos dan dikuti oleh seluruh anggota paskibraka yang dikukuhkan dan dilanjutkan pemasangan kendit oleh Penjabat Walikota Tanjungpinang.
Kegiatan ini dihadiri oleh Seluruh FKPD Kota, Sekda, Asisten dan Kepala OPD dilingkungan Pemerintah kota Tanjungpinang.
(Hms)
Berita sebelumyaSepekan Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Stabil, Komoditi Cabai Turun
Berita berikutnyaWakil Bupati Bintan Kukuhkan Paskibraka Tk Kabupaten Bintan Tahun 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.