Peringatan ini juga didedikasikan untuk mengingat kembali filosofi nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara

BATAM – Setiap tanggal 2 Mei diperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Dimana momen ini sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini.

Peringatan ini juga didedikasikan untuk mengingat kembali filosofi nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara, dalam menegakkan fondasi pendidikan di Indonesia. Tahun ini, tema yang diusung adalah ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’.

Dimana tema ini memiliki tujuan untuk memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa.

Sekaligus mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa. Serta meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto disela-sela mengikuti upacara pengibaran bendera dimomen peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kota Batam Tahun 2023, Selasa (2/5/2023) pagi.

“Hardiknas ini juga menjadi momen dalam menumbuhkan kembali rasa patriotisme dan nasionalisme, bagi seluruh insan pendidikan khususnya di Kota Batam, Provinsi Kepri,” tegasnya.

Untuk itu, tegas Politisi PDI Perjuangan ini, pihaknya mengajak seluruh masyarakat khususnya para pendidik untuk bisa meneladani filosofi yang sudah dipegang teguh oleh Ki Hadjar Dewantara. Yakni tiga semboyan pendidikan.

“Tiga semboyan tersebut antara lain, Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa dan Tut wuri handayani. Dimana Ing ngarsa sung tuladha, berarti harus bisa memberi contoh atau suri teladan bagi mereka yang berada di tengah dan belakang,” terangnya.

Kemudian, semboyan Ing madya mangun karsa yang berarti ketika di tengah, harus bisa memberikan semangat untuk kemajuan. Serta semboyan Tut wuri handayani.

“Semboyan terakhir ini memiliki arti bahwa ketika di belakang kita harus mampu memberikan dorongan atau bantuan. Dan semboyan ini juga terekam dalam program dari Pemerintah Pusat melalui Merdeka Belajar-nya,” tegasnya.

Dimana program Merdeka Belajar dianggap telah sukses mengakselerasi kualitas pendidikan di Tanah Air. Mulai dari kurikulum, penguatan siswa dan tenaga pengajar (SDM), hingga bantuan-bantuan pendidikan.

“Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan oleh Pemerintah agar para pelajar bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dilakukan supaya para siswa dan mahasiswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa. Saya melihat konsep pengembangan pendidikan ini sangat bagus, dan nantinya diharapkan generasi penerus bisa menjadi agen perubahan bagi daerahnya masing-masing. Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional,” tegasnya.(By)

Redaktur (GB)

Artikulli paraprakHadiri Halal Bihalal Warga Kavling Lama Batu Aji, Gubernur Ansar Disambut Lantunan Shalawat
Artikulli tjetërBupati Karimun Apresiasi Peringatan Hari Buruh Diisi Berbagai Kegiatan Positif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.