NATUNA, JELAJAHKEPRI.COM – Memperingati hari sampah Nasional Tahun 2019, Polres Natuna bersama Instansi terkait, Bhayangkari, pelajar, dan masyarakat menggelar kegiatan bersih sampah yang dipusatkan di pantai Tanjung Payung Penagi, Kecamatan Bunguran Timur. Kamis, (21/02/2019) pagi.

Kepada media ini Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK mengatakan, kegiatan itu juga mengenang tragedi Wigajah Cimahi 2015, yang mana pada tragedi tersebut menelan 150 jiwa akibat tertimbun sampai yang dibawa banjir.

“Peringatan kejadian sekaligus mengenang tragedi di daerah Wigajah Cimahi tahun 2005 lalu menelan korban 150 jiwa akibat tertimbun sampah yang dibawa banjir,” ungkap Nugroho dalam pidatonya.

Selain itu, Kapolres Nugroho juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang telah ikut serta dalam kegiatan.

“Saya juga apresiasi kepada masyarakat Penagi, yang telah peduli dengan kebersihan lingkunganya,” terangnya.

Turut hadir instansi terkait dalam kegiatan itu diantaranya Basarnas, 3 Matra TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pelajar, dan masyarakat setempat.

Berikut Amanat Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K pada saat Apel Peringatan HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL thn 2019 di kota tua penagi.

Kegiatan bersih-bersih pantai dan laut dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di wilayah Hukum Polres Natuna.

b. Bersih-Bersih Pantai dan laut sebagai salah satu bentuk kepedulian bersama dalam menjaga dan memelihara kebersihan Pantai.

c. Sampah telah menjadi permaslahan Nasional sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara Ekonomi, Sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat mengubah perilaku masyarakat yang gemar membuang sampah sembarangan.

d. Dalam pengelolaan sampah perlu adanya tanggung jawab dan kewenangan Pemerintah Pusat dan Searah serta peran masyarakat dan dunia usaha sehingga pengelolaan sampah dapat berjalan secara Proporsional, Efektif dan Efisien sesuai yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

e. Kebersihan itu sangat penting bagi kehidupan kita, karena hidup yang berada di sekitar lingkungan yang kotor akan rentan terkena berbagai penyakit. Maka dari itu marilah tingkatkan kebersihan lingkungan yang bebas dari sampah sehingga kita dapat menjalankan kehidupan dengan penuh semangat, bergairah dan menikmati hari-hari tanpa ada rasa takut akan terkena dampak dari lingkungan kotor ataupun rasa takut akan terkena serangan penyakit.

f. Menghimbau dan mengajak untuk dapat membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah yang Efektif, mendorong budaya bersih dan Produktif di tengah-tengah masyarakat sebagai modal sosial dan menjadikan kita sebagai pelopor kebersihan bagi masyarakat.

g. Mengucapkan terimakasih kepada instansi terkait dan Pelajar atas partisipasinya dalam kegiatan Bersih Pantai dan laut.

Tambahan :

Mengajak kepada seluruh TNI dan masyarakat untuk mengikuti kegiatan Millennial Road Safety Festival pada hari Minggu tanggal 24 Februari 2019 pukul 06.00 wib di Pantai kencana. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas guna tercapainya Road Safety To ZERO ACCIDENT.

Tertanda
Kapolres Natuna
AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK

(Zal)

Berita sebelumyaGubernur Kepri datang menghadiri acara peresmian sepak Bola di Kabupaten Lingga
Berita berikutnyaKawal Pembangunan Infrastruktur Lingkungan Melalui Musrenbang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.