Tanjungpinang,Jelajahkepri.com- Fenomena Supermoon dapat dilihat di Tanjungpinang, pada 30-31 Januari 2018. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mencatat penampakan bulan purnama penuh ini berlangsung pada jam yang berbeda mulai besok dan lusa.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Bhakti Wira Kusuma menjelaskan, Supermoon pada 30 Januari 2018 akan terlihat saat langit Tanjungpinang masih terang atau tepat pada pukul 16.56 WIB. Saat itu bulan berada di perigee sejarak 358.993 kilometer.

“Lalu 29,5 jam sesudahnya, atau pada 31 Januari 2018, fenomena Supermoon bisa dilihat malam hari pada pukul 20.26 WIB,” terang Bhakti, Senin (29/1).

Bagi masyarakat yang ingin melihat Supermoon lebih jelas, sambung Bhakti, bisa melihatnya di mana saja. Hanya saja, tempat yang paling ideal adalah di dataran yang tinggi sehingga fenomena ini semakin nyata tertangkap mata.

Fenomena Supermoon merupakan fenomena astronomi alami. Peristiwa ini terjadi pada jarak terdekat bulan dan bumi. Pada saat Supermoon ini, bulan akan lebih besar 14 persen dan lebih terang sekitar 30 persen dari ukuran saat purnama biasa.

Kejadian Supermoon di akhir Januari ini banyak ditunggu karena karena akan disertai dengan gerhana bulan total. Gerhana diperkirakan akan terjadi dari awal malam hingga tengah malam.

Gerhana dapat diamati dari seluruh Indonesia. Gerhana total ini akan terjadi selama satu jam 16 menit yang menyebabkan bulan akan berwarna merah.

( andi )

Berita sebelumyaDi Duga PT. Glori Point melakukan pemotongan Lahan Hutan lindung, warga sekitar terendam Air dan mengakibatkan Gagal panen
Berita berikutnyaIwo Lingga “Journalist Goes to School” SMA Negeri 2 Singkep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.