Karimun -Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karimun periode 2022-2027di Aula Kantor Bupati Karimun, Gedung Nilam Sari, Rabu (15/02).

Gubernur Ansar dalam sambutannya menyampaikan Provinsi kepulauan Riau adalah miniaturnya Indonesia karena memiliki penduduk dengan keberagaman agama, suku dan budaya. Hal ini merujuk pada data komposisi agama penduduk yang ada di Provinsi Kepulauan Riau yaitu agama Islam 78,3%, Kristen 11,91%, Katolik 2,48%, Hindu 0,04%, Buddha 7,1%, Konghucu 0,16%, dan Aliran Kepercayaan 0,01%.

Selain itu, keberagaman tersebut juga merujuk pada suku penduduk yang ada di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Suku Melayu sebanyak 29,97%,disusul oleh suku Jawa sebanyak 22,2% , Suku Batak sebanyak 12,43%, suku Minang Sebanyak 19,71%, Etnis Tionghoa sebanyak 7,70% dan selebihnya dari gabungan beberapa suku yang saat ini mendiami Provinsi Kepulauan Riau.

“Patut kita syukuri bersama bahwa hingga saat ini kita dapat tetap menjaga kerukunan di dalam keberagaman tersebut. Kemajemukan dan keberagaman yang unik ini merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan menjadi modal utama dalam mendongkrak pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau,” ucapnya.

Gubernur Ansar mengatakan tentulah tidak mudah untuk menghadirkan capaian pembangunan tersebut. Diperlukan kebersamaan antara umat beragama untuk bersatu padu menyokong pembangunan melalui berbagai langkah strategis yang dilakukan oleh Pemerintah.

“Alhamdulillah dengan semangat kebersmaan yang telah dibangun setiap saat Pemerintah Provinsi semakin menunjukkan capaian pembangunan yang semakin baik ditandai dengan Pertumbuhan Ekonomi Kepulauan Riau yang terus bertumbuh 1,66% pada tahun 2021 di angka 3,43% dan melejit menjadi 5,09% pada Tahun 2022. Angka ini merupakan yang tertinggi di Pulau Sumatera serta Tingkat Kemiskinan di Provinsi Kepulauan Riau per-September Tahun 2022 dapat di tekan dari angka 6,24% ke angka 6,03%,” jelasnya.

Ungkapan terimakasih tak lupa diucapkan Gubernur Ansar kepada FKUB baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota karena berperan besar dalam menjaga kerukunan di Provinsi Kepri sehingga Indeks Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021 masuk 10 besar nasional dari 34 provinsi di Indonesia dengan skor 75,5 dan masih di atas Skor Nasional yaitu 72,73.

“Semoga FKUB khususnya FKUB Karimun terus berkiprah dan berperan dalam menjaga kerukunan umat di tengah masyarakat dan kami Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengucapkan Selamat kepada kepngurusan yang baru dilantik pada hari ini. Semoga kedepannya senantiasa bersinergi menciptakan moderasi beragama melalui kerukunan dalam mendongkrak pembangunan diberbagai lini,” tutupnya.

Adapun berdasarkan surat Keputusan Bupati Karimun Nomor. 949 Tahun 2022, Tanggal 09 November 2022, Tentang Pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karimun ditetapkan Rasyid Nur sebagai ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Karimun Masa Bakti 2022-2027

Turut hadir Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirait, Sekda Karimun Firmansyah, Tim Percepatan Pembangunan Suyono, Widya Iswara Utama Lamidi, Kepala Badan Kesbangpol Heri Mokhrizal, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Heri, Kepala Biro Adpim Dody serta FKPD DAN OPD Kabupaten Karimun. (zah)

Redaktur (GB)

Artikulli paraprakUsai Direvitalisasi, Masjid Jami’ Sultan Lingga Lebih Menawan
Artikulli tjetërBandar Narkoba, Seorang Wanita Paruh Baya Terciduk Polisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.