Jokowi
Jokowi
Jokowi

Cilacap – Presiden Joko Widodo menegaskan akan mengaudit total alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI/Polri. Menyusul terjadinya kecelakaan pesawat Hercules milik TNI AU di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

“Sudah berulang kali terjatuh, kita harus memodernisasi dan memperbarui. Namun sebelumnya akan dilakukan audit, karena tidak sekali dua kali ini terjadi kecelakaan,” kata Jokowi di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (30/6).

Presiden menyatakan sudah menanyakan kondisi pesawat termasuk tahun pembelian pesawat tersebut. “Pesawat tersebut dibeli pada 1964 bahkan pernah digunakan oleh Presiden Soekarno.

Peristiwa Jatuhnya pesawat Hekules dengan registrasi A1310 type C-130, bertepatan Presiden melakukan kunjungan kerja ke Cilacap dan Banyumas.

“Presiden mengaku telah mendapatkan laporan awal dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) di mana seluruhnya masih dalam proses evakuasi dan identifikasi.

“Laporan Kasau, semua dalam proses, sekali lagi kita berduka dan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan saat ini menjadi korban,” katanya.

Pesawat Hercules dengan nomor ekor A-1310 jatuh di Jalan Jamin Ginting Kota Medan, di dekat Lanud Soewondo eks Bandara Polonia Medan, Selasa (30/6), sekitar pukul 11.00 WIB.

Pesawat tersebut hendak mengantar logistik ke Lanud Halim Perdanakusuma, Pekanbaru, Dumai, Medan, Tanjung Pinang, Ranai, dan Pontianak.(ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.