.JELAJAH KEPRI.Com. Lubuk Pakam -Untuk memperkuat peran proteksi dini masyarakat demi terwujudnya situasi yang kondusif di Kabupaten Deliserdang Sumut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Deliserdang menggelar rapat koordinasi (rakor) Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatn se-Kabupaten Deliserdang di Aula Cadika (Taman Pramuka), Kamis (06/05/21).

Rakor membahas pemantapan pelaksanaan tugas tugas FKDM di lapangan.

“Adapun tugas FKDM Kecamatan yakni, menjaring, menampung, mengkordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG, red) di daerah yang dapat mengancam stabilitas nasional,” ujar Haris Binar Ginting selaku Kepala Kesbangpol Kab. Deliserdang, Kamis (6/5).

Haris Binar dalam pemaparannya mengatakan, FKDM dibentuk merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 12 Tahun 2006, tentang Kewaspadaan Dini masyarakat di Daerah. FKDM adalah salah satu organisasi masyrakat dimana anggotanya terdiri dari, tokoh masyarakat, pemuda, agama, dan adat.

“FKDM merupakan mitra pemerintah,” singkatnya.

Disisi lain kata Haris Binar rakor ini, juga bermanfaat bagi anggota FKDM karena menambah wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan situasi sosial, politik, kantibmas di wilayah Kabupaten Deliserdang.

“Dengan kemitraan melalui FKDM, masyarakat bisa berkontribusi secara positif. Hal ini untuk terwujudnya ketertiban, ketentraman dan perlindungan masyarakat dalam bentuk kemitraan yang strategis antara pemerintah dan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Haris Binar Ginting juga menyampaikan bahwa pengurus Fkdm Kabupaten/ Kecamatan se-Kab. Deliserdang sangat luar biasa ,Fkdm adalah ujung tombak sumber informasi bagi Pemkab Deliserdang.

“kalian semua hebat luar biasa, saya akan berusaha hadirkan para Camat, OPD bahkan Bupati/Wakil Bupati untuk bersama dengan Fkdm kedepanya, kita ini sama dan kalau ada melarang Fkdm sedang melakukan tugas dilapangan silakan laporkan kepada Kesbangpol Deliserdang. Dia juga berpesan kepada Ketum Fkdm Kabupaten Deliserdang agar membimbing seluruh anggota dan membekalinya,” tandasnya.

Sementara itu ketua Fkdm Kabupaten Deliserdang, Soelarno memaparkan beberapa hal pada rakor triwulan 1 Tahun 2021, diantaranya soal tugas tupoksi sebagai Fkdm itu sendiri yaitu : bencana nasional Covid 19 yang saat ini masih banyak yang meninggal dunia di Deliserdang. Dan saat ini Deliserdang kembali ke zona merah. Untuk itu dia berharap kepada pengurus Fkdm se kabupaten Deliserdang agar lebih maksimal dalam tugas nya. Pungkas.

Berita sebelumyaPasca Pemberlakuan PP Nomor 41 Tahun 2021, BP Batam Gelar FGD Bahas Peluang dan Tantangan Pengelolaan Usaha Hilir Minyak dan Gas di KPBPB
Berita berikutnyaAkibat terjatuh dari kendaraan yang membawa Inisial KCS tersadar dari korban penculikan anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.