NATUNA, JELAJAHKEPRI.COM – Jelang pelaksanaan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-74, yang jatuh pada hari Sabtu 17 Agustus 2019, tepat pukul 00.00 Wib, Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Upacara Penghormatan dan Malam Renungan Suci, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusma Bangsa, Jl. Taruna Kelurahan Bandarsyah. Sabtu (17/08/2019) pagi.

Inspektur Upacara (Irup) dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra, sementara Komandan Upacara yakni Lettu Laut (KH) Setyo Widodo, dari satuan Lanal Ranai.

Turut hadir dalam acara suci tersebut, Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal, Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti, Unsur Forkopimda, Muspida, Pramuka, dan peserta upacara TNI-Polri yang masing-masing terdiri dari 1 Peleton.

Berdasarkan Pantauan jelajahkepri.com, suasana pada upacara itu terlihat gelap gulita dan sunyi, menambah kekhidmatan renungan suci.

Upacara diawali dengan pembacaan teks Upacara Kehormatan dan Renungan Suci oleh Irup, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, dan dilaksanakannya peletakan karangan bunga oleh Irup.

Dalam pembacaan teks Upacara oleh Irup Hadi Candra, terdengar janji suci akan melanjutkan perjuangan arwah para pahlawan dengan mempertahankan Kemerdekaan RI hingga darah penghabisan.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaikan yang saudara tempuh adalah jalan kami juga”, ucapnya Candra sembari menatap makam para Pahlawan.

“Kami yang hadir dalam apel ini menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap bangsa,” tambahnya.

Usai pembacaan teks tersebut, apel tahunan jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 ditutup. Seluruh peserta apel meninggalkan lokasi TMP Kusma Bangsa. (Zal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.