Tanjungpinang ,Jelajahkepri.com –  Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kota Tanjungpinang Periode 2018 – 2023 yang di ketuai oleh Juariah Syahrul resmi dikukuhkan oleh Penny Iryana Nasution Ketua Bidang Umum YKI Pusat di Aula Rumah Sakit Umum Provinsi Kepri, Raja Ahmad Tabib, Selasa (30/10).
Pengukuhan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kota Tanjungpinang ini juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, H. Isdianto, S.Sos, MM dan Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP
Dalam sambutanya Juariah Syahrul mengatakan dengan terbentuknya YKI cabang ini diharapkan sebagai organisasi yang bertujuan untuk mengupayakan penanggulangan kanker secara paripurna mulai dari upaya pencegahan sampai dengan penyembuhan ini dapat bekerja secara maksimal dalam pengabdiannya. “Kanker merupakan penyakit yang mematikan ke-2 setelah penyakit jantung. Oleh karena itu perlu adanya perhatian serius dari semua pihak sehingga akibat dari penyakit ini dapat kita tangani.” Ungkapnya.
Langkah awal, Juariah Syahrul menjelaskan bahwa YKI Cabang Kota Tanjungpinang akan melakukan pendataan penderita kanker di Kota Tanjungpinang.  “Selain itu, YKI akan membuat program kerja diantaranya adalah sosialisasi dan juga mendampingi secara psikologis dan memberi motivasi kepada masyarakat yang divonis kanker sehingga tidak terpuruk dengan penyakitnya.” Tutupnya.
Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP mengharapkan YKI Cabang Kota Tanjungpinang bersama masyarakat, sukarelawan, organisasi profesi dan pemerintah daerah dapat berkomitmen untuk membaktikan kemampuan dalam upaya menanggulangi kanker maupun meningkatkan kualitas hidup para pasien kanker. “Penyakit kanker adalah penyakit yang tidak menular akan tetapi sekarang ini kanker menjadi penyakit yang sangat mengkhawatirkan karena telah menjadi salah satu faktor penyebab kematian. Di Kota Tanjungpinang penyakit kanker ini terus meningkat dari tahun ke tahun, dari tahun 2015 – 2018 tercatat ada 57 penderita kanker dengan berbagai dianogsa kanker yang mendapatkan pembiayaan dari pemerintah.” Jelas Rahma.
Dari 57 orang penderita tersebut pada akhir september 2018 tercatat 23 orang dinyatakan sembuh, 20 orang meninggal dunia dan 14 orang masih dalam pengobatan.
Oleh karena itu, Rahma mengajak masyarakat dapat memberikan peehatian terhadap penyakit ini dan melakukan upaya deteksi dini, guna menekan angka kematian akibat kanker.
YKI merupakan organisasi sosial yang telah berdiri sejak tahun 1977, YKI Kota Tanjungpinang merupakan cabang yang ke-101 yang tersebar di seluruh Indonesia, dan juga YKI Pusat kini telah memiliki rumah singgah yang dapat dipergunakan pasien selama pengobatan.
(Rd/Hms)
Berita sebelumyaBP Batam Mempromosikan Potensi Industri dan Investasi di Pameran Infrastruktur Terbesar di IIW Jiexpo 2018
Berita berikutnya47 Tahun BP Batam Membangun Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.