Palembang, – Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru melepas tim jelajah komoditas Sumatra tahun 2021 dalam rangka liputan komoditas perkebunan dan pertambangan di Sumsel yang dilaksanakan oleh salah satu media massa Indonesia, di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Senin (15/3/2021).

Menurut HD, kegiatan ini dimaksudkan tidak hanya menemukan perkembangan komoditas yang sudah ada, namun dapat juga menemukan komoditas baru yang potensial untuk dikembangkan di Sumsel.

Bahkan Ia meminta tim, tidak hanya memetakan potensi baru tersebut tapi ikut memberikan sentuhan agar komoditas baru itu menjadi suatu komoditas yang bernilai khusus.

Pemprov kata dia, memang membagi zona komoditas di Sumsel meliputi daerah zona pertanian, zona perkebunan dan zona pertambangan.

“Khusus komoditas kelapa sawit saat ini memang memerlukan treatment khusus agar mendukung percepatan pemanfaatan energi terbarukan di Sumsel. Salah satu caranya adalah dengan menjaga harga di tingkat petani sehingga mereka tetap bersemangat mengelola lahan dan tidak mengalihfungsikannya” jelas HD.

Disampaikan bahwa dengan Pelabuhan Samudera Tanjung Carat yang sebentar lagi terealisasi diharapkannya semakin memperbesar efisiensi transportasi keluar masuknya komoditas seperti karet, kelapa sawit, kelapa, komoditas pertambangan dan lainnya. “Semoga Jelajah Komoditas Sumsel 2021 ini berjalan baik dan tidak ada hambatan,” ujar HD.

Sementara itu, Direktur Media Nasional Bisnis Indonesia, Hery Trianto mengatakan bahwa, Provinsi Sumsel diprediksi menjadi kontributor pengungkit pertumbuhan ekonomi paling potensial di Pulau Sumatra bahkan menjadi harapan masa depan bagi ekonomi nasional.

Mengenai penjelajahan yang akan dilakukan di Sumsel lanjut Hery rencananya tim akan bergerak ke Kabupaten Muara Enim, karena kelebihannya memiliki cadangan batubara yang sangat besar mencapai 13 juta kubik dan menjadi salah satu sumber energi utama. Saat ini sedang dibangun mulut tambang dan pengembangan energi tingkat hilir untuk menyiapkan energi yang murah.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel).

Berita sebelumyaHD Tinjau Vaksinasi Dosis Pertama bagi Para Anggota dan Pegawai DPRD Sumsel
Berita berikutnyaHD Apresiasi 7 Propemperda 2021 yang Disetujui DPRD Sumsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.