Medan, Jelajahkepri.com – Kodam I/Bukit Barisan melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di lapangan apel Makodam I/BB. Upacara dipimpin langsung oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI M.S Fadhilah yang diikuti oleh prajurit dan PNS Kodam I/BB se-Garnizun Medan pada Senin (1/10/2019).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengambil tema “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia” dihadiri oleh Kasdam I/BB, Brigjen TNI Untung Budiharto, Irdam I/BB, para Perwira Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Komandan dan Kabalak Kodam I/BB.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dimaksudkan sebagai sarana untuk menanamkan keyakinan pada kita semua bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan dasar Negara Republik Indonesia yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, ditandai dengan pembacaan teks Pancasila. Sebelum dan sesudah pembacaan teks Pancasila, diperdengarkan musik tanda kebesaran buka dan tutup, serta penghormatan oleh seluruh peserta upacara.

Selain dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 juga dibacakan Ikrar, yang berisi bahwa pertama, sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi Peristiwa baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI.

“Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut, seluruh prajurit dan PNS Kodam I/BB membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” ujar Pangdam I/BB

Artikulli paraprakTingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, BP Batam Gelar Bimtek “Menggali Gagasan/ ide Untuk BP Batam yang Lebih Melayani”
Artikulli tjetërDandim 0318/Natuna, Pimpin Geladi Upacara Pembukaan TMMD Ke-106

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.